Buruan Beli Hosting di NiagaHoster Skuy
Niagahoster discount up to 70%

PENGERTIAN JARINGAN


 

Jaringan adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih perangkat atau komputer yang saling terhubung untuk dapat berkomunikasi dan bertukar data antara satu sama lain. Jaringan dapat membantu pengguna untuk berbagi informasi dan sumber daya seperti file, printer, koneksi internet, dan aplikasi.

Jaringan dapat digunakan dalam berbagai situasi, termasuk di rumah, kantor, sekolah, dan internet. Ada banyak jenis jaringan yang tersedia, seperti jaringan LAN (Local Area Network) yang terdiri dari beberapa komputer yang terhubung dalam satu lokasi yang terbatas, jaringan WAN (Wide Area Network) yang terhubung dengan jarak yang jauh antara beberapa lokasi, jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) yang menggunakan teknologi nirkabel untuk menghubungkan perangkat dan jaringan MAN (Metropolitan Area Network) yang menghubungkan beberapa jaringan di kota atau wilayah yang lebih besar.

Dalam jaringan, setiap perangkat atau komputer memiliki alamat unik yang disebut dengan alamat IP. Protokol jaringan, seperti TCP/IP, digunakan untuk mengatur komunikasi antara perangkat dalam jaringan. Selain itu, jaringan juga memerlukan perangkat keras seperti router, switch, dan modem, serta perangkat lunak seperti sistem operasi jaringan dan aplikasi jaringan untuk mengatur dan mengelola data yang dikirim dan diterima antara perangkat dalam jaringan.

Instagram : @_idilputra19 , @anakitdong

Posting Komentar